Sofware Pemetaan

Kamis, 21 Mei 2015

Mengatur Layout dan Koordinat Peta

Mengatur Halaman Layout
  1. Untuk mengatur lebar halaman. Klik kanan halaman pada halaman layout lalu pilih Page and Print Setup. Akan muncul kotak Page and Print Setup
  2. Langkah yang lain adalah dengan meng-klik menu view > Page and Print Setup. Kemudian akan muncul kotak dialog Page and Print Setup.
  3. Kotak dialog Page and Print Setup digunakan untuk mengubah orientasi portrait menjadi landscape atau sebaliknya. Ukuran halaman dapat diubah dengan mengeditnya di kotak properties.  

Menambahkan Koordinat Peta
  1. Klik kanan pada data frame, pilih Properties.
  2. Atau ke menu View > Data Frame Properties.
  3. Kotak dialog Data Frame Properties > Grids > New Grid.
  4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Grids and Graticules Wizard. Kotak dialog Grid and Graticules Wizard akan membimbing pengguna melewati 4 tahap untuk melengkapi peta dengan garis koordinat dan koordinatnya. Pada tahap pertama pengguna akan memilih jenis koordinat dan garis koordinat yang diinginkan. Klik Next.
  5. Tahap kedua akan membimbing pengguna untuk membuat garis koordinat dan menentukan interval garis koordinat pada peta. Atur interval koordinat pada 2 menit, bila Anda merasa interval terlalu rapat ubah dengan interval yang lebih besar. Klik Next. 
  6. Tahap ketiga adalah untuk mengedit label koordinat dan garis koordinat. Atur ukuran huruf menjadi 8, dengan mengubah di kotak text style. Atau sesuaikan uran huruf sesuai yang Anda inginkan. Klik Next.
  7. Tahap keempat untuk membuat batas kotak koordinat pada peta. Setelah selesai, klik Finish.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar